Kandungan Nutrisi Beras Merah

Diposting pada

Supplier Beras Murah – Konsumsi nasi putih merupakan pilihan favorit dan sudah menjadi budaya makan di Indonesia. Rasanya belum makan kalau tanpa nasi. Kini lebih dari satu orang mulai mengganti beras putih bersama dengan beras merah. Benarkah kandungan beras merah lebih sehat?

Sebenarnya kedua bahan makanan ini sama-sama punya takaran banyak karbohidrat dan beraneka zat gizi tertentu. Lalu, mengapa beras merah diakui lebih baik dibanding beras putih? Berikut ini adalah jawabannya.

Kandungan Nutrisi Beras Merah

Sebagai whole grain atau bijian utuh, beras merah mempunyai seluruh anggota berasal dari gandum atau biji-bijian – dokterbabe

Sebanyak 340 gram nasi merah punya takaran lebih kurang 248 kkal, 5.53 gr protein, 1.96 gr lemak, 51.67 gr karbohidrat, dan 3.2 gr serat. Tidak hanya zat gizi makro tersebut, beras merah terhitung kaya sanggup zat gizi mikro, yakni vitamin dan mineral.

Beras merah punya takaran vitamin B1, B3, B6, B9, zat besi, fosfor, magnesium, zinc, selenium, tembaga, dan mangan. Kandungan ini menjadikan beras merah kaya sanggup antioksidan.

Sebagai whole grain atau bijian utuh, beras merah mempunyai seluruh anggota berasal dari gandum atau biji-bijian. Termasuk dedak (lapisan luar) yang tinggi serat, germ atau mata beras (bagian yang punya takaran sanggup gandum) yang bergizi, dan endosperma (bulir beras) yang tinggi karbohidrat.

Yang lebih menarik lagi, walaupun masuk di dalam golongan biji-bijian, beras merah tidak mempunyai takaran gluten.

“Mendinginkan nasi sesudah dimasak ternyata sanggup menaikkan salah satu takaran serat di dalam beras menjadi lebih tahan lama atau disebut serat resisten, yang sanggup mendukung pelihara kebugaran usus. Hal ini terhitung berlaku pada nasi yang sudah dingin setelah itu dipanaskan kembali.”

Berkat seluruh takaran nutrisi ini, beras merah banyak menjadi pilihan yang dipercaya lebih sehat sebagai sumber karbohidrat sehari-hari.

Kandungan Gizi Beras Merah Vs Beras Putih
Beras putih mengalami pengurangan antioksidan, vitamin B, mineral, lemak, serat, dan sedikit protein akibat penggilingan. Sedangkan, beras merah selamanya berwujud gandum utuh – dokterbabe

Mulanya seluruh beras merupakan beras merah. Kemudian, selama proses penggilingan anggota luar seperti sekam, dedak, dan embrio sanggup dibuang peranan memperpanjang umur simpannya. Namun, penggilingan menurunkan nutrisi beras putih.

Proses ini lah yang memicu beras putih tidak serupa bersama dengan beras merah. Beras putih mengalami pengurangan antioksidan, vitamin B, mineral, lemak, serat, dan sedikit protein akibat penggilingan. Sedangkan, beras merah selamanya berwujud gandum utuh.

Meski sama-sama bebas gluten dan tinggi karbohidrat, tapi beras merah lebih banyak punya takaran vitamin B (kecuali B9) dan begitu banyak ragam mineral. Tak hanya itu, beras merah terhitung lebih tinggi daya serta zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak, serat).

Serat di dalam beras merah lebih banyak 1 sampai 3 gram dibandingkan beras putih. Kandungan ini sanggup membuatmu kenyang lebih lama, mendukung memertahankan takaran kolesterol, dan mengontrol takaran gula darah.
Perbedaan takaran beras merah dan putih, memicu beras merah lebih ramah pada gula darah.

Penggantian nasi putih bersama dengan nasi merah bisa saja sanggup menurunkan risiko berkembangnya diabetes type 2.
Mengonsumsi nasi merah sebanyak 2 porsi atau lebih tampaknya terjalin bersama dengan penurunan risiko berkembangnya diabetes type 2, yakni type diabetes yang terjalin bersama dengan type hidup yang buruk.

Bukan hanya beras merah, mengganti nasi putih bersama dengan gandum utuh lainnya perihal pula bersama dengan penurunan risiko penyakit ini sebanyak 36 persen.

Kebaikan Beras Merah Lainnya untuk Tubuhmu

Kandungan beras merah sanggup pelihara berat badan, bekerja sebagai antioksidan, menurunkan risiko diabetes, dan pelihara kebugaran jantung – dokterbabe

Beras merah sepertinya mempunyai banyak pengaruh baik bagi kebugaran secara keseluruhan. Alasan ini yang memicu lebih dari satu orang berubah berasal dari nasi putih ke nasi merah. Beberapa di antaranya:

Menjaga Berat Badan
Selain perannya untuk pelihara rasa kenyang, mengonsumsi nasi merah terhitung bisa saja sanggup menurunkan berat badan, indeks massa tubuh, dan lingkar pinggang serta pinggul.

Hal ini perihal bersama dengan faedah beras merah sebagai gandum utuh yang kaya sanggup nutrisi, lebih-lebih serat.

Menurunkan Risiko Diabetes
Mengonsumsi nasi putih sebanyak 5 porsi atau lebih per minggu ternyata sanggup menaikkan risiko diabetes sebanyak 17 persen dibandingkan orang yang mengonsumsi jumlah lebih rendah di dalam sebulan. Sebaliknya, mengonsumsi 2 porsi atau lebih nasi merah per minggu justru menurunkan risiko ini.

Kondisi ini perihal bersama dengan indeks glikemik (indeks kecepatan makanan di dalam menaikkan gula darah) yang lebih tinggi di dalam nasi putih. Serta lebih rendahnya lebih dari satu nutrisi yang bisa saja berfungsi mencegah diabetes.

Risiko diabetes lebih rendah pada orang yang mengonsumsi nasi merah dibandingkan nasi putih – dokterbabe

Sebagai Antioksidan
Bagian dedak berasal dari beras merah punya takaran antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas. Sehingga gandum utuh seperti beras merah sanggup mendukung di dalam pencegahan begitu banyak ragam penyakit kronis.

Menjaga Kesehatan Jantung
Salah satu penyakit parah yang dipercaya sanggup dicegah bersama dengan mengonsumsi gandum utuh yakni penyakit jantung. Beras merah punya takaran senyawa lignan yang sanggup pelihara jantung.

Kandungan ini sanggup menurunkan lemak darah, tekanan darah, dan peradangan di arteri.

Kandungan beras merah lebih bergizi dan kaya dibandingkan bersama dengan beras putih. Namun, konsumsinya mesti selamanya disesuaikan bersama dengan kondisi dan kebutuhanmu. Meski beras merah mempunyai banyak manfaat, tapi sanggup lebih bagus kalau anda memberi tambahan pula sumber karbohidrat lain sebagai variasi.

Mulai saat ini cobalah untuk berubah ke sumber karbohirat berwujud gandum utuh sehingga kesehatanmu selamanya terlindungi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *