Sejarah Singkat Permainan Sepak Bola di Dunia dan Indonesia

Diposting pada

Sejarah Singkat Permainan Sepak Bola di Dunia
Sejarah sepak bola dibedakan menjadi dua group yakni peristiwa kuno dan peristiwa modern. Permainan sepak bola di dunia pada zaman kuno tercatat peristiwa pertama kali sejak 206 SM di dalam peradaban China kuno, tepatnya pada jaman dinasti Tsin dan Han. Pada jaman itu, permainan sepakbola disebut sebagai Tsu Chu. Permainan yang sama terhitung ditemukan di Jepang pada abad ke 8 masehi dengan sebutan KEMARI.

Bola yang digunakan pada jaman dinasti Tsin dan Han terbuat berasal dari kulit binatang dengan isi. Sedangkan untuk Jepang manfaatkan bola berbahan kulit kijang dengan rongga hawa di tengahnya.

Sejarah dunia terhitung mencatat bahwa permainan sepak bola terhitung ditemukan di Mesir sejak awal masehi. Pada jaman itu, peradaban Mesir kuno sudah manfaatkan bola yang berasal berasal dari buntalan kain linen.

Yang terakhir, ternyata permainan ini terhitung ditemukan pada zaman Yunani kuno dengan nama Episcuro. Bukti terdapatnya permainan ini pada jaman selanjutnya terlihat berasal dari relief yang menunjukkan terdapatnya anak-anak bermain dengan bola.

Sedangkan untuk peristiwa permainan modern di mulai sejak abad 19 dan dipercaya berasal berasal dari Inggris. Tercatat bahwa klub sepak bola pertama di dunia adalah Sheffield Football Club pada th. 1857. Asosiasi Sepak Bola Inggris dibentuk pada th. 1863.

Lihat Juga : Yalla Shoot

FIFA atau Federasi Sepak Bola dunia baru dibentuk pada th. 1904. Setelahnya, beragam persaingan permainan sepak bola dimainkan di beragam negara di dunia. Dan ini menjadi cikal akan pertandingan yang biasa Anda lihat di layar televisi, terlebih pertandingan besar seperti Liga Inggris, Serie A, Liga Spanyol hingga Piala Dunia yang digelar 4 th. sekali.

Sejarah Singkat Permainan Sepak Bola di Indonesia
Indonesia terhitung punyai peristiwa tersendiri yang berhubungan dengan permainan sepak bola. Pada th. 1930, Indonesia mendirikan PSSI atau Persatuan Sepak Bola Indonesia di Yogyakarta. Pada saat itu, PSSI diketuai oleh Soeratin Sosrosoegondo.

Sejak berdirinya PSSI tersebut, maka permainan sepak bola di Indonesia jadi ramai dan dikenal oleh masyarakat luas. Kompetisi diselenggarakan dan apalagi Paku Buwono X mendirikan Stadion Sriwedari.

Sayangnya, sehabis Soeratin tidak kembali menjabat menjadi ketua, kemunduran sepak bola pada jaman itu benar-benar terlihat dengan jelas. Namun beberapa pemain pada jaman sebelum 1970 justru terkenal di kancah dunia.

Setelahnya, PSSI bangkit dan jadi membentuk babak baru di dalam dunia sepak bola di Indonesia. Liga Super Indonesia terbentuk dan apalagi sepak bola wanita terhitung dikembangkan. Hingga saat ini, terdapat group yang berdasarkan usia seperti U-17 dan U-21.

Dari peristiwa yang ada, Indonesia menciptakan sebuah kenangan yang berharga. Yaitu tim nasional Indonesia merupakan tim sepak bola pertama di Asia yang berhasil menembus Piala Dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *